Skip to content

ISTILAH

BOOKING: proses pemesanan seat dalam suatu penerbangan. Seat yang ter-booking belum absah atau belum dinyatakan terbeli sebelum dilanjutkan ke proses issued / cetak.

TIME LIMIT: waktu antara booking dan issued. itu biasa dimanfaatkan calon penumpang untuk memutuskan membeli atau tidak seat yang ter-booking sebelumnya.

ISSUED: proses lanjutan setelah booking yang berarti mencetak e-tiket / mengabsahkan seat yang ter-booking sebelumnya sebagai seat yang terjual.

E-TICKET: electronic ticket atau sistem tiket yang tidak memerlukan tiket asli yang diterbitkan maskapai. Dengan sistem ini, penumpang cukup menunjukkan print-out e-tiket kepada petugas check-in di bandara. E-ticket biasa di-email ke penumpang sesaat setelah proses issued.

PNR: passenger name reference atau biasa disebut kode booking.

FLIGHT NUMBER: nomor penerbangan yang menjadi kode atas suatu data penerbangan yang meliputi (nama maskapai, rute, jam keberangkatan, dll)

HAND BAGAGE: barang bawaan penumpang yang boleh dibawa masuk ke kabin penumpang.

SECONG BAGAGE: barang bawaan penumpang yang melebihi kapasitas hand bagage dan harus didaftarkan saat check-in.

BOARDING: proses memasuki kabin penumpang.

DELAY: penundaan waktu keberangkatan.

CANCEL: pembatalan waktu keberangkatan.

LOST AND FOUND: divisi bandara yang menangani kasus kehilangan / penemuan bagasi yang hilang.

REFUND: pengembalian biaya pembelian e-tiket oleh maskapai ke penumpang.

RESCHEDULE: instruksi pengubahan data penerbangan oleh penumpang.

SALES CREDIT: proses refund yang dirupakan voucher pembelian e-tiket di kemudian hari.

%d blogger menyukai ini: